Menu Close

Sebelum Menggunakan Nasal Spray, Perhatikan Dulu Hal-hal Ini

nasal spray

Nasal spray atau semprotan hidung merupakan salah satu alat yang cukup sering digunakan untuk mengatasi gejala hidung tersumbat. Seringkali, ini diberikan bagi orang-orang yang memiliki alergi tertentu. 

Ketika Anda mengalami gejala pilek, bersin, atau hidung tersumbat, Anda bisa menggunakan semprotan ini. Biasanya, semprotan hidung ini dijual secara bebas di apotek. Namun, ada juga beberapa jenisnya yang hanya bisa didapatkan melalui resep dari dokter. 

Hal-hal penting seputar nasal spray

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum mulai menggunakan semprotan hidung. Supaya pemakaiannya tidak keliru, ketahui dulu hal-hal penting berikut ini: 

  • Cara penyimpanan

Semprotan hidung memang memiliki bentuk yang sederhana, membuatnya menjadi praktis dan mudah untuk dibawa-bawa. Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa alat ini juga harus disimpan dengan cara khusus. 

Sebagai produk perawatan kesehatan, nasal spray harus disimpan di tempat yang sejuk dan berada di bawah suhu ruangan. Sebisa mungkin pastikan alat ini jauh dari jangkauan sinar matahari. 

Selain itu, yang terpenting adalah meletakkannya di area yang tidak akan mudah dijangkau oleh anak-anak. Ini penting guna menghindari pemakaian pada anak-anak yang tidak disengaja. 

  • Cara pemakaian

Bagi Anda yang belum terbiasa, menggunakan semprotan hidung mungkin akan terasa aneh atau mengganjal. Karena, cairan yang disemprotkan harus masuk melalui salah satu lubang hidung dan keluar lagi melalui lubang hidung lainnya. 

Terkadang, apabila hidung Anda tersumbat, cairan yang disemprotkan tidak bisa mengalir dengan baik. Alhasil, cairan obat tersebut jadi tidak bisa dikeluarkan lagi lewat lubang hidung yang satunya. 

Untuk memastikan pemakaian nasal spray tepat, pastikan Anda bernapas dengan kedua lubang hidung Anda. Ini penting untuk memastikan tidak ada sumbatan yang memicu hambatan pada penggunaan semprotan. 

  • Cara mempersiapkan

Beberapa jenis semprotan hidung tidak bisa langsung digunakan begitu saja ketika Anda menginginkannya. Terkadang, sebelum memakainya, Anda perlu mempersiapkan semprotan tersebut terlebih dahulu agar bekerja dengan maksimal.

Ketahuilah bahwa semprotan hidung perlu dipersiapkan setidaknya satu hari sebelum dipakai. Untuk melakukannya, Anda hanya perlu menyemprotkan nasal spray beberapa kali ke udara sampai keluar kabut halus. 

Ketika melakukan persiapan ini, pastikan semprotan hidung Anda pegang dalam posisi yang jauh dari mata Anda. Perhatikan juga jarak alat ini dari mata orang lain ketika sedang mempersiapkannya. 

Apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan?

Penggunaan semprotan hidung sebaiknya dilakukan dengan tepat. Dengan begitu, barulah Anda bisa merasakan efek yang maksimal. Ketika menggunakan semprotan hidung, ingatlah untuk melakukan hal-hal berikut ini: 

  • Berkonsultasi dengan dokter ketika mengalami efek samping seperti mimisan atau iritasi hidung
  • Berkonsultasi dengan dokter untuk mengganti jenis obat semprotan hidung apabila efek sampingnya negatif
  • Memakai semprotan hidung sesuai arahan pada kemasan
  • Menggunakan jenis semprotan hidung sesuai dengan anjuran dari dokter

Sebaliknya, ketika Anda menggunakan semprotan hidung, ingatlah untuk tidak melakukan hal-hal berikut ini:

  • Jangan menggunakan semprotan hidung bersama-sama karena bisa menyebabkan penyebaran kuman serta virus
  • Jangan membiarkan ujung semprotan menyentuh apa pun selain hidung demi menjaga kebersihannya

Selama Anda menggunakan obat semprotan hidung dengan cara yang tepat, Anda pasti bisa merasakan efeknya dengan maksimal. Pastikan Anda menggunakan jenis nasal spray yang sesuai dengan kondisi Anda atau berdasarkan anjuran dari dokter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *