Menu Close

Sering Alami Kram dan Kebas? Hati-hati Kekurangan Vitamin Neurotropik

obat neurosanbe

Kesemutan dan kebas adalah kondisi dimana tubuh mengalami sensasi menusuk dan mati rasa yang kerap hilang timbul pada bagian tubuh tertentu. Sensasi ini bisa terjadi saat duduk atau berdiri pada posisi yang terlalu lama. Kesemutan dan kebas kerap kali dikaitkan dengan penyakit orang lanjut usia, padahal tak melulu masalah umur yang dapat menyebabkan keluhan ini bisa terjadi. Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan orang bisa mengalami keluhan kesemutan dan kebas, beberapa diantaranya adalah:

1. Multiple sclerosis

Multiple sclerosis adalah penyakit yang menyebabkan kerusakan pada sistem saraf tubuh. Penyakit ini diakibatkan oleh sistem kekebalan tubuh yang menyerang lapisan lemak pelindung serabut saraf atau yang biasa disebut mielin. Akibat hal ini saraf pada tubuh akan bisa rusak secara permanen dan menyebabkan munculnya perasaan kesemutan serta kebas pada tubuh.

2. Kekurangan vitamin neurotropik

Vitamin B1, B6, dan B12 (vitamin neurotropik) memiliki peran penting bagi kesehatan serta pemeliharan saraf tubuh. Saat tubuh kekurangan vitamin tersebut,  keluhan kesemutan, kebas, serta perasaan mati  rasa pada bagian tubuh akan mudah terjadi. Saat keluhan kesemutan dan kebas dipengaruhi oleh kurangnya kandungan vitamin B dalam tubuh, terus memperhatikan asupan makanan serta mengkonsumsi obat atau suplemen adalah salah satu cara mengatasinya. 

2. Efek obat

Mengkonsumsi obat-obatan tertentu dapat menyebabkan kesemutan dan kebas bisa terjadi. Obat kanker, obat anti alkohol, obat jantung, dan obat tekanan darah adalah beberapa obat yang mampu memicu terjadinya kesemutan dan kebas.

3. Penggunaan alkohol

Penggunaan alkohol jangka panjang pada dasarnya sangat tidak baik bagi jaringan saraf. Hal ini memungkinkan pengguna mengalami gejala kesemutan pada bagian tubuh tertentu. Saat hal ini sudah terjadi, maka penderita dapat disebut mengalami neuropati alkoholik

5. Kondisi medis tertentu

Ada beberapa kondisi medis yang dapat menyebabkan kondisi ini kerap terjadi, beberapa diantaranya adalah: 

– Gejala awal stroke

– Stroke ringan

– Radang otak

– Peradangan pada sumsum tulang belakang

– Tumor

– Cedera punggung atau leher

– Kekurangan magnesium

– Autoimun

– Terbentur atau lebam

– Kejang

Bagaimana cara mengatasi kesemutan dan kebas?

Cara mengatasinya kesemutan dan kebas dapat disesuaikan dengan penyebab dan seberapa parah gejalanya. Beberapa hal yang dapat Anda coba untuk mengatasi kesemutan dan kebas:

1. Gerakkan bagian tubuh yang mengalami keluhan

Cobalah menggerakkan atau menggoyang-goyangkan bagian tubuh yang kesemutan atau kebas. Dengan cara ini, aliran darah pada tubuh dinilai dapat kembali normal dan rasa kesemutan serta kebas dapat sedikit dihilangkan.

2. Konsumsi vitamin

Saat tubuh mengalami kesemutan dan kebas akibat kekurangan vitamin B, mengkonsumsi obat serta suplemen yang pas adalah salah satu cara agar keluhan bisa diatasi. Salah satu obat yang dapat Anda coba untuk mengobati keluhan ini adalah obat Neurosanbe. Di dalam obat Neurosanbe terkandung kandungan vitamin B1 100mg, B6 200 mg, serta B12 200mg. 

Manfaat utama obat ini adalah membantu memelihara kesehatan serta mengobati gangguan saraf seperti kesemutan, kebas, dan pegal-pegal akibat kekurangan vitamin neurotropik. Obat ini bekerja dengan mempengaruhi pembentukan sel darah merah serta jaringan saraf pada tubuh sehingga keluhan kesemutan dan kebas yang terjadi dapat dikurangi. Anda dapat mengkonsumsi Neurosanbe 1 tablet sebanyak 3-4 kali sehari. Obat ini dapat dikonsumsi sebelum atau sesudah makan. 

3. Hindari obat yang dapat jadi pemicu kesemutan

Menghindari penggunaan obat yang dapat menyebabkan efek kesemutan dapat membantu kesemutan dan kebas lebih bisa diatasi Bila Anda menggunakan obat-obatan tertentu dari anjuran dokter, konsultasikan keluhan kesemutan dan kebas yang mengganggu dapat segera diatasi.

4. Stop penggunaan alkohol

Untuk mencegah terjadinya neuropati alkoholik, Anda harus memberhentikan penggunaan alkohol agar keluhan kesemutan dan kebas dapat diatasi. Sebab, penggunaan alkohol berlebih dapat memicu terjadinya kerusakan saraf pada otot dan sendi bahkan membunuh neuron yang ada di kepala. 

5. Hindari aktivitas berat

Saat tubuh mengalami keluhan kesemutan dan kebas, cobalah untuk biarkan tubuh dan otot beristirahat dengan menghindari aktivitas berat seperti berolahraga. Ditakutkan, memaksa tubuh untuk terus mengerjakan berbagai aktivitas berat dapat memperparah keluhan kesemutan dan kebas yang terjadi.

6. Konsultasikan ke dokter

Jika kesemutan dan kebas disebabkan oleh kondisi medis tertentu, pemeriksaan secara rinci pada dokter spesialis adalah cara tepat yang dapat Anda lakukan. Dokter kemudian nantinya akan memberikan penanganan sesuai dengan kondisi penyakit yang menyebabkan terjadinya keluhan kesemutan serta kebas.

Itulah beberapa penyebab kesemutan dan kebas dapat terjadi serta cara mengatasinya. Mengkonsumsi obat dengan kandungan vitamin neurotropik yang sesuai seperti Neurosanbe serta tetap terapkan gaya hidup sehat dengan tidak menggunakan obat-obatan pemicu serta menghindari alkohol dinilai dapat mengatasi keluhan kesemutan dan kebas yang terjadi.

Jika kesemutan dan kebas dirasa masih sangat mengganggu meski sudah melakukan berbagai hal tersebut, periksakan keluhan pada dokter spesialis agar dapat segera diberikan pengobatan yang sesuai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *