Menu Close

Stres Saat Hamil? Atasi dengan Cara Berikut Ini

Masa kehamilan memang bukan masa yang mudah. Tidak sedikit wanita hamil yang mengalami stres di tengah masa kehamilannya. Jika Anda juga merasakan hal tersebut, cobalah untuk melakukan upaya mengatasi stres saat hamil.

Sebenarnya, stres yang muncul saat Anda sedang hamil merupakan kondisi yang wajar. Hal ini bisa dipicu oleh berbagai hal, mulai dari perubahan hormon, kurangnya waktu tidur, batasan makanan yang dikonsumsi, dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu, untuk mengatasi hal ini, Anda perlu terlebih dulu memahami faktor penyebab stres dan cara mengatasinya.

Penyebab stres saat hamil

Sebenarnya, faktor penyebab stres saat hamil berbeda-beda pada setiap orang. Akan tetapi, ada beberapa hal yang umumnya memicu kondisi stres, seperti:

  • Rasa takut akan keguguran
  • Perubahan fisik yang tidak nyaman, menyebabkan mual, sakit punggung, dan kelelahan
  • Tekanan finansial untuk membesarkan anak
  • Perubahan suasana hati
  • Pekerjaan yang dijalani selama masa kehamilan
  • Rasa takut akan melahirkan

Sebenarnya, Anda perlu berhati-hati apabila mengalami stres saat hamil. Apabila Anda tidak bijak dalam mengendalikan stres tersebut, kesehatan Anda dan janin bisa saja terganggu.

Beberapa ibu hamil yang mengalami stres cenderung merasakan gejala berupa sakit kepala, kesulitan tidur, dan gangguan kecemasan. Apabila dibiarkan, hal ini dapat berakibat pada peningkatan resiko kelainan fisik saat bayi dilahirkan.

Cara mengatasi stres saat hamil

Demi menjaga kesehatan Anda dan bayi, sebaiknya hindari stres sebisa mungkin. Anda bisa mencoba untuk melakukan tips mengelola stres saat hamil berikut ini:

  • Menjaga pola makan

Percaya atau tidak, pola makan yang tidak baik juga bisa berpengaruh pada stres. Tidak seperti orang lain, ibu hamil benar-benar merasakan stres apabila keinginan makannya tidak terpenuhi.

Sebaiknya, pastikan untuk selalu menjaga pola makan yang seimbang. Bila Anda mengonsumsi banyak makanan tidak sehat, maka imbangi dengan mengonsumsi makanan sehat dengan jumlah yang lebih banyak lagi.

Jangan lupa untuk banyak minum air dan mengurangi konsumsi gula per harinya. Selain itu, ingatlah untuk selalu sarapan setelah bangun tidur di pagi hari.

  • Mendengarkan musik

Ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa musik bisa membantu dalam mengendalikan stres, tidak hanya stres kehamilan tetapi juga stres keseluruhan. Bila Anda mulai merasa stres, Anda mungkin bisa mencoba mendengarkan musik untuk menenangkan diri.

Menurut penelitian, mendengarkan musik selama 30 menit mampu mengurangi kadar kortisol, yaitu hormon yang menyebabkan stres. Karena itu, stres yang dirasakan di tengah masa kehamilan pun dapat diatasi dengan cara ini.

  • Mengedukasi diri

Sebagian besar ibu hamil mengalami stres akibat rasa takut untuk melahirkan atau mengalami keguguran. Untuk menghindari hal ini, Anda bisa mencoba untuk mempelajari sebanyak mungkin informasi mengenai kehamilan agar lebih siap dalam memastikan kesehatan bayi.

Akan tetapi, jika informasi yang didapatkan dari internet membuat Anda semakin gelisah, maka sebaiknya jauhkan diri dari media sosial dan internet selama beberapa waktu. Jangan sampai, niat Anda untuk mengedukasi diri malah memicu stres yang semakin besar.

  • Minta bantuan pada orang terdekat

Ketika hamil, penting bagi Anda untuk memiliki teman dekat atau keluarga yang bisa mendampingi dalam melewati masa-masa sulit. Carilah orang yang bisa Anda percaya dan ceritakan pada mereka mengenai masalah yang dihadapi.

Bila perlu, Anda bisa mengunjungi terapis atau psikolog khusus kehamilan untuk membantu mengatasi stres.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengendalikan stres saat hamil. Sebisa mungkin hindari stres demi menjaga kesehatan diri dan janin Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *