Menu Close

Stretch Mark Cream VS Bahan Alami, Ampuh Mana?

Stretch mark cream umum digunakan untuk mengatasi stretch mark yang dapat muncul di beberapa bagian tubuh. Beberapa orang ada yang lebih memilih untuk menggunakan bahan alami.

Lantas mana yang lebih ampuh dalam mengatasi stretch mark? Berikut penjelasannya.

Apa itu stretch mark cream?

Stretch mark merupakan kondisi yang umum terjadi dan sangat normal pada kebanyakan orang. Secara teknis kondisi ini disebut dengan striae, yang menandakan pecahnya elastisitas pada kulit ketika meregang.

Peregangan ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, contohnya saat hamil atau berat badan yang naik atau turun dengan cepat. 

Stretch mark cream kerap digunakan untuk mengatasi kondisi tersebut. Krim ini biasanya membantu kulit menjadi terhidrasi lebih baik dan menjaga elastisitasnya.

Umumnya, krim ini mengandung pelembap dengan vitamin A atau retinoid yang mampu menyamarkan stretch mark dengan cepat. Terkadang bahan pelembap seperti shea butter atau minyak kelapa juga ditambahkan untuk melembapkan kulit. 

Bahan tersebut dapat diserap baik oleh kulit sehingga meningkatkan hidrasi kulit dan mengurangi tekstur stretch mark. Perhatikan hal-hal berikut saat memilih stretch mark cream:

1. Bahan pelembap

Pastikan krim tersebut mengandung bahan pelembap, umumnya seperti shea butter, minyak kelapa, gliserin, dan asam hyaluronat.

2. Retinoid

Retinoid mampu menyamarkan warna dan tekstur stretch mark. Namun jika Anda sedang hamil atau menyusui, hindari krim dengan bahan ini.

Stretch mark cream vs bahan alami, ampuh mana?

Perlu diketahui, baik stretch mark cream maupun bahan alami tidak dapat menghilangkan stretch mark secara instan. Tentunya Anda perlu melakukan prosedur medis seperti terapi laser agar hilang secara permanen.

Oleh karena itu, tidak ada yang lebih ampuh dari keduanya. Namun bahan alami seperti minyak zaitun atau minyak kelapa dapat digunakan sebagai alternatif ibu hamil dan menyusui.

Mengoleskan dan memijat krim maupun minyak tersebut dapat membantu menyamarkan stretch mark. Bahkan jika digunakan lebih awal, keduanya bisa mencegah stretch mark muncul.

Jika Anda ingin mengatasi stretch mark lawas, Anda bisa menggunakan baik krim maupun bahan alami. Akan tetapi hasilnya memang tidak terlalu kentara, namun stretch mark akan tetap tersamarkan.

Sehingga, jangan menganggap stretch mark cream sebagai produk ajaib yang dapat menghilangkan stretch mark di tubuh Anda. 

Apakah stretch mark dapat hilang?

Karena baik krim maupun bahan alami hanya dapat membantu menyamarkannya, lantas apakah stretch mark dapat hilang? Stretch mark tidak dapat hilang dengan sendirinya, namun tentu kita dapat membantu mengurangi tampilannya.

Stretch mark juga tidak dapat benar-benar hilang secara permanen. Namun ada beberapa prosedur medis yang dapat menyamarkannya secara drastis.

Tentu saja prosedur tersebut akan lebih mahal daripada krim maupun bahan alami. Prosedur ini juga umumnya tidak di-cover oleh sejumlah asuransi kesehatan.

Beberapa prosedur tersebut adalah terapi laser, needling (injeksi kolagen di bawah kulit), dan microdermabrasion. Sebaiknya jika Anda mempertimbangkan untuk melakukan prosedur ini, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Tidak ada cara yang dapat mencegah stretch mark hingga 100 persen. Namun ada satu cara yang terbukti cukup efektif untuk mencegah stretch mark, yakni rutin melembapkan kulit.

Anda dapat menggunakan stretch mark cream atau bahan alami seperti cocoa butter atau shea butter. Rutin menggunakannya dapat meningkatkan produksi kolagen sehingga kulit tampak lebih sehat. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *