Menu Close

Wow! Ternyata Rumput Laut Kelp Memiliki Banyak Manfaat Untuk Kesehatan

Kelp merupakan jenis rumput laut yang dapat dikonsumsi maupun dijadikan produk kecantikan seperti krim. Klep sendiri sering menjadi salah satu menu diet andalan ketika seseorang sedang berusaha menurunkan berat badan. Nutrisi yang dikandung oleh kelp cukup lengkap termasuk yodium, vitamin A, magnesium, folat, zat besi, kalsium, vitamin K, dan vitamin B5. Dengan berbagai kandungan nutrisi tersebut, rumput laut kelp ternyata dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh seperti berikut ini. 

  1. Membantu menurunkan berat badan

Rumput laut kelp merupakan makanan rendah kalori dan lemak sehingga dapat membantu penurunan berat badan. Selain itu, kandugan serat alami dalam kelp berupa alginat dapat mencegah usus saat akan menyerap lemak. 

  1. Mengatur keseimbangan cairan tubuh

Manfaat lain dari kelp adalah dapat membantu mengatur keseimbangan cairan tubuh. Dengan begitu, tubuh akan menjadi normal, sehat, dan jarang mengalami penyakit seperti batuk atau pilek. 

  1. Detoksifikasi racun 

Rumput laut kelp juga dapat dijadikan detoksifisi racun alami. Dengan mengonsumsi kelp makan racun-racun dalam tubuh dapat ikut keluar melalui pori-pori kulit. Selain itu, kulit juga akan menjadi bersih dan lebih sehat. 

  1. Mengurangi risiko kanker

Berbagai jenis kanker yang berkaitan dengan hormon esterogen akan  bisa dikurangi risikonya dengan mengonsumsi rumput laut kelp. Penyebaran kanker payudara an kanker kolotrektal juga dapat ditekan dengan mengonsumsi kelp. 

  1. Merawat rambut kering dan rusak 

Kesehatan rambut juga bisa dijaga dengan rumput laut klep, lho! Pada rumput laut kelp terdapat kadar mineral yang tinggi. Kadar mineral tersebut dapat bermanfaat untuk merawat rambut kering dan rusak. 

  1. Menambah stamina

Rumput laut kelp ternyata juga memiliki kandungan zat besi di dalamnya. Hal tersebut membuat Anda yang rutin mengonsumsinya akan mendapatkan manfaat dari segi stamina. Dengan bertambahnya stamina maka tubuh akan terasa lebih bugar dan segar. 

  1. Melawan radikal bebas

Manfaat lain dari rumput laut kelp adalah dapat melawan radikal bebas. Kelp yang dikonsumsi teratur bisa membuat daya tahan tubuh meningkat sehingga tidak mudah terserang virus, bakteri, kuman, serta penyakit tertentu. 

  1. Mencegah katarak

Nutrisi kelp berupa antiinflamasi okular dapat bekerja mencegah terjadinya penyakit katarak. Anda perlu mengonsumsi rumput laut klep untuk menciptakan mata yang segar dan sehat. Meski demikian, manfaat dari mengonsumsi kelp tidak bisa dirasakan secara cepat namun membutuhkan proses dan waktu. 

  1. Mempercepat penyembuhan luka 

Kandungan vitamin K pada Kelp dapat mengontrol trombosit dan proses pembekuannya. Dengan begitu, kelp dapat bermanfaat dalam mempercepat proses penyembuhan luka. Tidak hanya itu, kelp pun dapat berfungsi sebagai antibakterial yang mencegah infeksi kulit akibat goresan luka. 

Variasi dalam mengonsumsi rumput laut kelp juga cukup banyak sehingga Anda tidak akan bosan. Beberapa cara yang mungkin bisa diterapkan dalam penyajian rumput laut kelp seperti disisipkan dalam salad, dijadikan bahan tambahan pada jus sayuran, dikonsumsi bersama minyak wijen, serta menambahkannya ke dalam sup atau berbagai sajian rebus lainnya. Tidak hanya itu, rumput laut kelp tersedia dalam bentuk suplemen. Jika Anda ingin mengonsumsi suplemen kelp, sebaiknya konsultasikan hal tersebut dengan dokter terlebih dahulu. Anda dapat bertanya langsung secara online mengenai rumput laut kelp dan makanan sehat lainnya pada dokter melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Unduh sekarang di App Store atau Play Store. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *